Sabtu, 25 Desember 2010

Coret-Coret Tidak Jelas Tingkatkan Daya Ingat

Coret-Coret Tidak Jelas Bisa Meningkatkan Daya Ingat

Banyak mereka yang suka coret-coret tidak jelas ketika sekolah atau rapat. Penelitian mengatakan bahwa kegiatan kurang kerjaan tersebut ternyata dapat menguatkan memori atau daya ingat. Ternyata orang yang sering melakukan kebiasaan seperti itu diketahui memiliki daya ingat yang kuat.

Penelitian dari Plymouth University telah melakukan tes terhadap 40 responden. Para responden diminta untuk mengingat nama dan tempat yang mereka dengar lewat telepon. Diketahui ternyata mereka yang terbiasa mencoret-coret tidak jelas memiliki daya ingat lebih baik hingga 20 persen.

Kegiatan coret-coret dapat mencegah seseorang dari melamun. Selama penelitian berlangsung, setengah dari responden diminta mewarnai sebuah gambar di atas kertas sambil mendengarkan pesan di telepon selama 2,5 menit. Sementara setengah responden lainnya hanya mendengarkan telepon saja.

Jackie Andrade, ketua tim studi tersebut mengatakan bahwa kegiatan melamun hanya akan membuat performa kerja menjadi buruk. "Ketika seseorang melakukan pekerjaan yang membosankan, seperti mendengarkan percakapan di telepon setiap hari, bukan tidak mungkin mereka melamun," ujarnya.

Professor Alan Badeley dari British Psychological Society pun menyatakan bahwa kegiatan coret-coret adalah kegiatan ringan yang sangat menyenangkan tanpa harus mengganggu pekerjaan.

Alan mengatakan, "Hal sederhana seperti menggambar atau coret-coret di atas kertas bisa mengalihkan seseorang dari lamunan tanpa menghambat performa kerja,".

Ketika seseorang melakukan pekerjaan rutin dan membosankan, biasanya pikirannya cenderung mengawang-ngawang dan melarikan diri dari hal-hal yang sedang dihadapinya. "Pikiran pun mulai memvisualisasikan hal-hal menyenangkan seperti liburan dan hal-hal lainnya, sementara pekerjaan yang di depan mata pun terlupakan dan Anda hanya pura-pura mengangguk atau mengerti," ujar Alan.

Intinya, kegiatan coret-coret bisa meningkatkan kewaspadaan otak karena otak akan terus aktif sedangkan melamun hanya akan membuyarkan konsentrasi.

8 komentar:

  1. wah ternyata curat-coret ada manfaatnya juga ya Bro

    BalasHapus
  2. corat coret jg menimbulkan stimulasi kepada otak utk berbuat kreatif dan melatih imajinasi mas

    BalasHapus
  3. wah...ternyata corat-coret itu besar juga ya manfaatnya buat Mr.Otak...he..he...

    terimakasih banyak atas infonya...
    mulai corat-coret......he..he..

    BalasHapus
  4. makasih banyak atas infonya.kebetulan saya masih sekolah jadi sangat penting daya ingat yang tinggi.salam kenal sekalian saya follow.kalau sempat follow balik

    BalasHapus
  5. bener sob, corat coret memang bisa menambah ingatan dan juga menimbulkan inspirasi. makasih ya udah berkunjung ke blog ku...salam

    BalasHapus
  6. wah makasih ya infonya, baru tahuuuuu.. he

    BalasHapus

Berkomentarlah dengan baik di blog ini, mencakup: tips + cara menguatkan / meningkatkan / menguatkan daya ingat / hapalah / ingatan
:)