Sabtu, 05 Februari 2011

Pintar Karena Rajin Berolah Raga

Pintar Bisa Diperoleh Dengan Rajin Olah Raga, Tidak Perlu Faktor Genetik
Dengan berolah-raga selain fisik menjadi tambah sehat juga menjadikan otak lebih pintar. Demikianlah manfaat yang diperoleh jika rajin berolah-raga.

Pintar karena rajin berolah raga telah teruji ketimbang karena faktor genetik atau keturunan. Pintar karena olah raga pengaruhnya hingga 80% sedangkan karena genetik atau keturunan kurang dari 15%.

Apakah kaitannya olahraga dengan otak pintar?

Orang yang rajin berolah raga dengan teratur akan memiliki system kardiovaskular yg kuat. Efeknya adalah dapat meningkatkan aliran darah ke otak, meningkatkan suasana hati, mengurangi kelelahan, mengurangi kegelisahan serta membuat seseorang menjadi lebih fokus dan konsentrasi dalam mengerjakan sesuatu.

System yg kuat ini dapat meningkatkan kemampuan otak sehingga dapat membantu mendapatkan nilai yg lebih bagus dan menjadi lebih sukses di kemudian hari.

H.Georg Kuhn, prosesor ilmu saraf regeneratif dari Center for Brain Repair & Rehabilitation, Institute of Neuroscience and Physiology, University of Gothenburg di Swedia mengatakan, “Dokter sudah mengetahui sejak 3000 tahun yang lalu bahwa pikiran yg sehat terdapat dalam tubuh yg sehat pula.”

Dalam penelitian ini juga ditemukan bahwa faktor genetic memainkan peranan yg kecil dlm menjelaskan hubungan antara pikiran & tubuh dibandingkan dg pengaruh lingkungan.

Dr Suzanne Steinbaum, juru bicara dari American Hearth Association menjelaskan, “Hasil dari penelitian ini telah menunjukkan terlepas dari pengaruh genetic yg memang sudah ada, apa pun yg dipilih & itu dilakukan seseorang dlm kesehariannya bisa membuat perbedaan pd diri orang itu sendiri.”

Hubungan antara fungsi kognitif atau pemahaman dengan aktivitas fisik telah dipelajari sebelumnya, tapi biasanya hanya pd orang yg sudah tua untuk mencegah kepikunan & pd anak-anak.

Pada penelitian ini difokuskan pada orang dewasa muda, karena pd masa tersebut prestasi akademik memiliki dampak yg besar terhadap masa depan juga system saraf pusatnya masih berkembang.

Objek dari penelitian yaitu orang dewasa muda yang berusia diatas 18 tahun. Didapatkan kesehatan kardiovaskular yg lebih baik berhubungan dg tingkat kecerdasan yg lebih tinggi, juga faktor lingkungan dapat memberikan pengaruh sebesar 80% sedangkan genetic kurang dari 15%.

Dengan demikian bila anda ingin lebih pintar dan sukses dalam mengerjakan segala hal maka tidak ada salahnya utk menyusun jadwal berolah-raga dengan teratur setiap minggunya. Selain kesehatan yang didapat, juga kemampuan otak akan bertambah.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Berkomentarlah dengan baik di blog ini, mencakup: tips + cara menguatkan / meningkatkan / menguatkan daya ingat / hapalah / ingatan
:)