Minggu, 30 Januari 2011

Kopi Manis Membuat Kerja Otak Lebih Baik

Kopi Manis Membuat Kerja Otak Lebih Baik

Kombinasi kopi dan gula dapat membuat kerja otak menjadi lebih efektif. Kopi tanpa gula diketahui bisa membuat otak dan stamina lebih terjaga karena kandungan kafein-nya. Kafein merupakan stimulant dan pembangkit stamina, sehingga sering dicampurkan dalam minuman berenergi.

Universitas de Barcelona (UB) melaporkan penelitiannya, bahwa kafein mempunyai efek lain ketika dikombinasikan dengan gula atau glukosa. Kombinasi dari gula dan kopi yang menghasilkan kopi manis ternyata mampu membuat kerja otak lebih efisien.

Dalam pemindaian CT Scan, aktivitas otak pd para peminum kopi manis terlihat menurun dibagian yg mengatur kemampuan kognitif. Meski aktivitasnya menurun, kinerja atau performa otak teramati stabil dlm hasil tes kognitif yang diberikan.

Kemampuan otak utk menghasilkan kinerja yg sama dg aktivitas lebih rendah menunjukkan bahwa otak bekerja dgn lebih efisien. Hal ini membuat otak tidak cepat mengalami kelelahan dan mengurangi kerusakan sel

Josep M Serra Grabulosa dari UB mengungkapkan, “Kombinasi kafein dan glukosa dapat menyebabkan kerja otak menjadi lebih efisien dibagian kognitif, terutama yg bertanggung jawab atas ingatan & perhatian.”

Penelitian Jean dan rekan-rekannya yang melibatkan 40 relawan sehat dibagi menjadi 4 kelompok. Masing-masing kelompok diberikan minuman yang berbeda, yaitu kopi pahit, kopi manis, gula, sirup dan air putih.

Hasil penelitian tersebut dimuat dalam jurnal Human Psychopharmacology: Clinical and Experimental.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Berkomentarlah dengan baik di blog ini, mencakup: tips + cara menguatkan / meningkatkan / menguatkan daya ingat / hapalah / ingatan
:)