Senin, 03 Januari 2011

Jangan Cepat Pensiun Bila Tak Mau Pikun

Jangan Cepat Pensiun Bila Tak Mau Pikun

Pada umumnya orang akan segera pensiun kalau mereka sudah merasa cukup kaya atau tidak punya tanggung jawab untuk menafkahi keluarganya. Jika ingin menjaga ingatan anda tetap tajam, teruslah aktif dalam bekerja meski sampai lanjut usia.

Sebuah penelitian menunjukkan bahwa mereka yang masih aktif bekerja hingga usia 60-an memiliki ingatan yang lebih tajam dibandingkan dengan mereka yang sudah pensiun. Artinya semakin cepat seseorang berhenti kerja (pensiun) maka semakin cepat pula mengalami kepikunan.

Faktanya di Inggris rata-rata warganya pensiun di usia 65 tahun. Dari hasil penelitian ternyata orang-orang tua dari Negara Inggris memiliki daya ingat lebih tinggi dibandingkan dengan orang Prancis dan Jerman yang rata-rata sudah pensiun di usia 50-an tahun.

Untuk membandingkan kualitas daya ingat pada usia 60 tahun, peneliti membuat skor untuk masing-masing Negara yang ditelitinya. Skor tertingginya 20 dengan kata lain memiliki daya ingat sempurna.

Hasilnya, peringkat dengan daya ingat terbaik pada usia 60-an tahun adalah:
1. Amerika serikat (skor: 11)
2. Inggris (skor: 10)
3. Denmark (skor: 10)
4. Prancis (skor: 8)
5. Jerman (skor: 8)
6. Italia (skor: 7)
7. Spanyol (skor: 6)

Amerika, Inggris dan Denmark menduduki posisi 3 besar karena pada umumnya penduduknya pensiun di usia lanjut. Jumlah populasi warga yang masih aktif bekerja di usia 60 tahun mencapai 55% hingga 70%.
Dr Robert Willis dari University of Michigan yang memimpin penelitian tersebut mengatakan aktivitas sosial di tempat kerja dapat menunda efek penuaan di otak. Khususnya di bagian grey matter atau abu-abu, yang merupakan pusat ingatan dan pikiran.

1 komentar:

Berkomentarlah dengan baik di blog ini, mencakup: tips + cara menguatkan / meningkatkan / menguatkan daya ingat / hapalah / ingatan
:)