Minggu, 16 Januari 2011

Minuman Soucenaid Dapat Mencegah Pikun

Cegah Penyakit Pikun Dengan Minuman Souvenaid
Penyakit Alzheimer (pikun) merupakan ancaman bagi mereka yang berusia 50 tahun keatas. Berbagai upaya telah dilakukan untuk mengatasi penyakit Alzheimer namun belum ada yang ampuh menyembuhkannya sehingga peneliti kini focus pada upaya pencegahannya.

Peneliti dari Massachusetts Institute of Technology menciptakan minuman Souvenaid yang bisa menjadi obat bagi penderita Alzheimer. Minuman tersebut mengandung 3 komponen utama yang bisa mempertahankan sinapsis otak, yaitu choline, uridine, dan asam lemak omega-3 (DHA).

Ciri dari penyakit Alzheimer adalah hilangnya sinapsi yaitu system koneksi yang menghubungkan antar sel-sel syaraf dengan otot. Berkurangnya koneksi antar sinapsis ini menyebabkan kemampuan mengingat menjadi payah dan terjadi gangguan bahasa.

"Uridine adalah molekul yang digunakan dalam pengkodean molekul DNA, kolin adalah vitamin B alami dan DHA banyak ditemukan pada ikan. Ketiga nutrien ini aman karena banyak ditemukan pada tubuh manusia. Gabungan dari tiga jenis bahan ini bisa meningkatkan produksi lemak dan protein yang dibutuhkan untuk pembentukan sinapsis," kata Dr Richard Wurtman, profesor dari Massachusetts Institute of Technology.

Minuman tersebut diberikan pada 225 pasien Alzheimer ringan dan para peneliti menemukan bahwa produk tersebut sangat membantu pasien. Sementara itu, Yian Gu, seorang doktor neurolog dari Columbia University Medical Center mengatakan, penyakit Alzheimer ada hubungannya dengan diet.

"Akan lebih baik lagi jika studi ini dibandingkan dengan penggunaan multivitamin dan minyak ikan yang banyak dikonsumsi orang untuk meningkatkan ingatan sehingga masyarakat bisa tahu mana yang lebih efektif dan tidak," kata Gu.

Selain itu peneliti juga menyarankan agar mereka yang memiliki gejala Alzheimer segera mendeteksi otak mereka dengan alat scan MRI untuk melihat struktur bagian otak yang menyimpan memori. Tingkat difusi air ke sel-sel otak juga ternyata merupakan faktor yang mempengaruhi kemampuan mengingat dan struktur otak.

Studi tersebut dimuat dalam ‘The Journal of The American Medical Association’. Juga disarankan agar mereka yang mamasuki usia 50 tahun keatas untuk memeriksakan otaknya dengan alat MRI guna mengetahui ada atau tidaknya gejala penyakit Alzheimer (pikun) sehingga bisa ditangani lebih awal.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Berkomentarlah dengan baik di blog ini, mencakup: tips + cara menguatkan / meningkatkan / menguatkan daya ingat / hapalah / ingatan
:)