Selasa, 11 Januari 2011

Alzheimer

Definisi Alzheimer
Alzheimer merupakan penyakit neurodegenerative (penurunan fungsi syaraf otak). Pasien mengalami penurunan daya ingat secara drastic hingga sampai-sampai tidak bisa mengurus dirinya sendiri. Umumnya penyakit ini kebanyakan diderita usia lanjut walaupun ada saja kasus penderita dari orang yang belum lanjut usia.

Penyakit ini ditemukan oleh Alois Alzheimer pada tahun 1906, hingga saat ini belum diketahui penyebabnya yang pasti. Berbagai upaya terapi pun telah dikembangkan untuk penderita Alzheimer.

Penyakit ini dapat dialami oleh semua orang tidak peduli latar belakang pendidikannya dan kebudayaannya. Hal ini membuat penderita tidak bisa lagi hidup mandiri dan seringkali disertai dengan perubahan tingkah laku.

Dokter membagi penyakit ini menjadi 2 kelompok.
Kelompok 1: Penderita pada usia kurang dari 58 tahun, disebut early onset.
Kelompok 2: Penderita pada usia lebih dari 58 tahun, disebut late onset.

Gejala penderita Alzheimer mudah dikenali, terlihat ia tidak mampu mempelajari hal-hal baru atau hal-hal sebelumnya. Kemudian penderita juga mengalami hambatan pada fungsi sosial & pekerjaan sehingga si penderita menjadi cepat marah, agresif, dan kehilangan minat untuk berinteraksi dan tidak lagi berminat dalam memuaskan hobi yang pernah diminatinya.

Pengobatan yang diberikan dapat berupa obat-obatan medis yang dapat membantu memperbaiki ingatannya dan yang terpenting adalah pemberian kasih saying dan kesabaran dari orang-orang disekitar penderita.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Berkomentarlah dengan baik di blog ini, mencakup: tips + cara menguatkan / meningkatkan / menguatkan daya ingat / hapalah / ingatan
:)