Minggu, 23 Januari 2011

Pengaruh Ingatan dg Kesehatan Mulut

Pengaruh Ingatan Terhadap Kesehatan Mulut

Mungkin anda sulit untuk mengingat rute jalan, nama orang atau mungkin sederet angka yang mungkin saja menandakan mulut anda kurang sehat.

Dr. Bei Wu, seorang gerontologis dari University of North Carolina at Greensboro telah melakukan penelitian untuk mengetahui hubungan antara daya ingat dan kesehatan mulut. Sebenarnya para peneliti sudah lama mempelajari hubungan tersebut. Kesehatan mulut yang buruk dicurigai menjadi salah satu penyebab mengapa daya ingat seseorang rendah.

Sebanyak 273 pasien dari West Virginia melakukan evaluasi kesehatan gigi, cek darah dan tes kemampuan otak untuk mengetahui ada atau tidaknya protein yang menyebabkan kemampuan otak berkurang. Hasilnya memperlihatkan bahwa mereka yang memiliki daya ingat rendah ternyata memiliki kesehatan mulut yang buruk.

Dr. Richard Crout, ahli penyakit mulut dari West Virginia University School of Dentistry mengatakan, "Sudah semakin jelas dan dapat disimpulkan bahwa untuk mendapatkan kesehatan yang utuh, seseorang harus mempunyai kesehatan mulut yang baik,"

Crout dan Dr. Wu juga melaporkan bahwa mulut yang tidak sehat akan mempengaruhi fungsi otak terutama menjelang dewasa, studi atau penelitian ini akan terus dikembangnkan.

Selain masalah daya ingat, mulut yang tidak sehat juga dapat mempengaruhi kesehatan tubuh. "Mulut yang tidak sehat memang diketahui dapat mempengaruhi kesehatan jantung, stroke, diabetes, dan juga penyakit alzheimer," ujar Crout.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Berkomentarlah dengan baik di blog ini, mencakup: tips + cara menguatkan / meningkatkan / menguatkan daya ingat / hapalah / ingatan
:)