Kamis, 20 Januari 2011

Mencegah Penurunan Daya Ingat

Mencegah Penurunan Daya Ingat

Dengan menjaga ketajaman pikiran dapat mencegah penurunan daya ingat. Salah satunya seperti mempelajari hal-hal baru maka akan menantang otak anda dan jika terus dilakukan maka otak akan terus tumbuh. Otak yang aktif akan memproduksi koneksi-koneksi baru antar sel syaraf sehingga dapat saling berkomunikasi.

Berikut adalah tips cara untuk mencegah penurunan daya ingat:

1. Mengisi teka-teki silang atau bermain scrabble.
2. Belajar memainkan alat musik.
3. Berpindah karir atau memulai sesuatu yang baru.
4. Berinteraksi dengan orang lain.
5. Belajar bahasa baru.
6. Memulai hobi baru.
7. Mencari informasi mengetahui apa yang terjadi di dunia ini.
8. Menjadi sukarelawan.
9. Membaca.

Para peneliti menghubungkan bahwa aktivitas fisik dapat memperlambat penurunan kondisi mental seperti dengan berolah-raga akan meningkatkan aliran darah ke seluruh tubuh, termasuk otak. Untuk itu carilah olah raga yang paling anda senangi dan berolahragalah selama 30 menit setiap harinya karena aktifitas fisik dapat membantu untuk berpikir lebih jelas, dapat menurunkan resiko terserang penyakit dan anda akan merasakan lebih sehat.

Selain berolahraga, makanan sehat juga sangat berpengaruh terhadap kesehatan otak seperti buah-buahan dan sayur-sayuran karena mengandung antioksidan (zat yang dapat melindungi sel-sel otak). Mengkonsumsi buah dan sayur adalah lebih baik daripada mengkonsumsi banyak suplemen seperti kapsul, pil dan lain sebagainya.

Pemicu Menurunnya Daya Ingat:

1. Minuman Beralkohol
Minuman beralkohol dapat menyebabkan kerusakan otak permanen. Minumlah alkohol seminimal mungkin karena alkohol dapat menyebabkan masalah dalam daya ingat termasuk demensia.

2. Stress
Stress juga dapat memicu kerusakan otak karena ketika stres maka otak akan melepaskan hormon yang dapat merusak otak jika keadaan tersebut berlangsung berhari-hari. Stress yang kronis dapat menyebabkan depresi dan dapat menyebabkan terganggunya proses mengingat di otak anda.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Berkomentarlah dengan baik di blog ini, mencakup: tips + cara menguatkan / meningkatkan / menguatkan daya ingat / hapalah / ingatan
:)