Jumat, 21 Januari 2011

Otak Merespon Gambar & Warna

Otak Lebih Mudah Merespon Gambar dan Warna
Agar otak dapat berkembang secara optimal maka dibutuhkan stimulus yang baik. Diketahui ternyata otak manusia lebih menyukai segala sesuatu yang berbentuk gambar dan warna.

Apabila seseorang terus mendapatkan stimulus yang dapat merangsang otak maka kecerdasan bisa meningkat. Otak memainkan peranan penting karenanya otak merupakan pusat dari berbagai aktivitas manusia dan berhubungan dengan kecerdasan.

Bobby Hartanto, MPsi dalam acara konferensi Smart Parents Membantu Orangtua Gali Potensi Anak Pada Golden Periode di Annex Building Wisma Nusantara Complex mengatakan: “Otak manusia lebih suka dg segala sesuatu yg bergambar & berwarna. Karena gambar bisa memiliki sejuta arti sedangkan warna akan membuat segala sesuatu menjadi lebih hidup.”

Karena itu sebaiknya buku untuk anak-anak jangan dipenuhi dengan kata-kata, tapi sebaiknya juga berisi gambar-gambar lengkap dengan warna-warna menarik karena otak lebih suka gambar dan warna.

Bobby menjelaskan: “Semakin banyak rangsangan tepat yg diterima oleh anak maka anak akan semakin baik dalam mengingat. Serta koneksi antar neuron akan semakin banyak & struktur otak akan rapat.”

Perlu dilakukan pengulangan sesering mungkin untuk memperkuat koneksi antar neuron yang sudah ada agar koneksi tersebut semakin kuat. Bila otak tidak dirangsang maka bisa saja koneksi yang sudah terbentuk menjadi runtuh.

“Agar otak dapat berkembang & mampu mengolah informasi secara optimal maka orang tua harus memahami bagaimana cara anak belajar, menyerap & mengolah informasi sehingga bisa memberikan stimulus yg tepat.” Ungkapnya.

Waktu yang tepat untuk mengingat dan menanamkan nilai-nilai tertentu adalah 5-10 menit sebelum anak tertidur. Karena pada saat tersebut gelombang otak berada di tetha dimana otak mampu mengingat dan menyimpannya sebagai memori jangka panjang.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Berkomentarlah dengan baik di blog ini, mencakup: tips + cara menguatkan / meningkatkan / menguatkan daya ingat / hapalah / ingatan
:)