Rabu, 26 Januari 2011

Kunyit Untuk Penangkal Alzheimer

Penyakit Alzheimer Dapat Dicegah Dengan Kunyit
Kita ketahui kunyit adalah bahan bumbu masakan, minuman, pewarna makanan atau komestik. Ternyata selain itu kunyit juga bermanfaat untuk kesehatan tubuh karena bisa menangkal Alzheimer (pikun atau penurunan fungsi syaraf otak).

Kunyit adalah tanaman asli dari Asia Tenggara yang tumbuh baik di Indonesia, dikenal dengan nama latin ‘Curcuma Domestica’. Senyawa kimia utama yang terkandung dalam rimpang kunyit adalah minyak atsiri dan kurkumi-noid. Minyak astiri yang terkandung di dalam kunyit mengandung senyawa seskuiterpen, tur-meron alkohol, dan zingiberen.

Selain sebagai pencegah alzheimer, kunyit juga bermanfaat untuk menurunkan tekanan darah, sebagai antikoagulan, sebagai obat cacing, penambah darah, obat asma, obat sakit perut, usus buntu, diare dan rematik.

Kunyit bermanfaat sebagai penguat daya ingat. Hasil penelitian yang dilakukan oleh Dr. Tze-Pin Ng dari Universitas Nasional Singapura menunjukkan bahwa manula yang rajin mengkonsumsi bumbu kare memiliki daya ingat yang lebih tinggi dibandingkan mereka yang tidak mengkonsumsi kunyit sama sekali.

Dari penelitian yang diadakan di Cina menunjukkan bahwa kunyit juga bisa mengobati penyakit luka hati, katarak, dan kerusakan yang diakibatkan oleh serangan jantung dan stroke. Selain itu kunyit juga efekti untuk mencegah penyakit Alzheimer.

Rahasia dari kunyit yaitu pada zat pewarna kuning atau kurkumin yang terdapat pada rimpang kunyit. Kurkumin ini memiliki fungsi yang sangat penting dalam mengobati berbagai penyakit karena senyawa tersebut dapat berfungsi sebagai anti tumor promoter, antimikroba, antioksidan, anti virus dan anti radang. Kurkumin pada kunyit juga berperan dalam meningkatkan system imunitas tubuh.

Dr. Richard Harvey, direktur peneliti komunitas alzheimer mengatakan bahwa kunyit memiliki komponen anti oksidan dan anti inflammatory yang sangat potensial untuk mencegah penyakit alzheimer di dalam jaringan otak.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Berkomentarlah dengan baik di blog ini, mencakup: tips + cara menguatkan / meningkatkan / menguatkan daya ingat / hapalah / ingatan
:)