Minggu, 19 Desember 2010

Hormon Estrogen Bikin Pintar

Hormon Estrogen yang Membuat Orang Semakin Pintar

Pada wanita menopause biasanya diberikan terapi hormon estrogen. Kini para ilmuwan menemukan bahwa ternyata hormone estrogen dapat mempertakam kinerja otak, menjadikan mereka semakin pintar dan dapat mengatasi Azheimer.

Hormon estrogen dapat meningkatkan jumlah koneksi antara sel-sel otak . Hormon estrogen juga dapat meningkatkan daya ingat seseorang.

Tapi sayangnya penggunaan estrogen pada wanita menopause beresiko meningkatkan stroke, kanker payudara dan serangan jantung. Untuk itu ilmuwan telah mencari cara untuk mengaktifkan reseptor estrogen tanpa menggunakan estrogen itu sendiri sehingga pasien akan mendapatkan manfaat dari estrogen tanpa efek samping yang membahayakan.

"Peniruan efek estrogen pada otak dapat menciptakan pengobatan untuk penyakit Alzheimer dan skizofrenia," ujar Deepak Srivastava, peneliti di Northwestern University Feinberg School of Medicine.

Menurut Srivastava, senyawa yang menyerupai estrogen ini dapat memicu rantai reaksi kimia dalam sel dan dapat mengaktifkan reseptor sel estrogen. Pada akhirnya dapat menyebabkan peningkatan jumlah sel dendritik sehingga dapat memtertajam kinerja otak.

"Selain membuat seseorang semakin pintar, meningkatkan jumlah sel dendritik juga bermanfaat bagi pasien Skizofrenia dan Alzheimer. Hal ini karena orang dengan kondisi tersebut kekurangan sejumlah sel dendritik di otaknya," jelas Srivastava.

Artikel Menarik Lainnya:
Asam Amino Ayam Dapat Meningkatkan Ingatan
Kacang Ginko Untuk Kepintaran
Blueberry Memperbaiki Kerusakan Otak
Makanan Yang Baik Untuk Otak

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Berkomentarlah dengan baik di blog ini, mencakup: tips + cara menguatkan / meningkatkan / menguatkan daya ingat / hapalah / ingatan
:)