Sabtu, 18 Desember 2010

Tips Untuk Mengingat

Beberapa Tips Agar Tidak Mudah Lupa

Anda lupa meletakkan kacamata atau lupa nama teman kuliah yang barusan anda temui? Hal seperti ini sering terjadi dalam kehidupan sehari-hari. Berikut ini tips latihan otak untuk menguatkan hafalan.

Melupakan sesuatu hal menandakan bahwa anda selalu sibuk memfokuskan pada hal lain. Ketika seseorang tidak menaruh perhatian yang baik untuk Sesutu, memori yang terbentuk dalam otak pun tidak akan jelas sehingga ia akan kesulitan mengeluarkan memori itu lagi.” Ujar Zaldy S. Tan, MD dari Memory Disorders Clinic at Beth Israel Deaconess Medical Center, Boston.

“Kita sering melatih badan dengan olahraga, tapi apa gunanya itu semua jika tidak didukung dengan otak yang tajam,” ujar Harry Lorayne, pengarang buku ‘Ageless Memory: Simple Secrets for Keeping Your Brain Young’.

Berikut ini startegi untuk mengingat/menghafal hal-hal yang sering dilupakan:


1. Strategi Mengingat Menaruh Barang-Barang Kecil
- Ingat-ingat apa yang anda lakukan sebelumnya hingga yang dilakukan terakhir.
- Ingatkan otak anda ketika manaruh sesuatu di suatu tempat, seperti ‘Saya menaruh dompet di tas bagian dalam’.
- Biasakan menaruh sesuatu pada satu tempat, misal selalu menaruh kunci pada kantung tas bagian luar dan latihlah diri anda untuk menaruh barang tersebut di tempat itu.

2. Strategi Mengingat Nama Orang
- Berikan perhatian penuh ketika berkenalan dengan seseorang, pastikan pengucapan namanya dan gunakan namanya selama percakapan berlangsung.
- Berikan gambaran untuk namanya, apakah namanya memiliki arti atau gambaran tertentu dari tipe wajahnya.
- Ciptakan memori yang terhubung, seperti ketika pada suatu pertemuan anda bertemu dengannya atau siapa saja yang bersamanya saat itu.
- Lakukan manipulasi dengan menulis ciri-ciri wajahnya dibelakang kartu namanya.

3. Strategi Untuk Mengingat Password email atau PIN ATM
- Pertajam ingatan angka dengan menggambarkan angka-angka tersebut sebagai suatu benda seperti 0 untuk cincin, 2 untuk angsa, 5 untuk ibu hamil, 7 untuk boomerang dan lain sebagainya. Gunakan imajinasi anda dengan menciptakan kreasi anda sendiri.
- Gunakan lafal yang sama untuk sebuah angka, seperti angka 4 jika diucapkan maka terdengar seperti ‘ketupat’ dan lain sebagainya.

4. Strategi Untuk mengingat Kegiatan Yang Harus Dilakukan
- Mulailah dengan membuat catatan kecil lalu tempatkan sesuatu yang ganjil untuk menarik catatan itu.
- Bisa menggunakan nyanyi-nyanyian dengan menyamakan ritme kalimat dan irama lagu.
- Gunakan tubuh untuk mengingat apa yang harus dikerjakan seperti tangan ketika akan menulis laporan seperti kaki ketika akan mencuci sepatu, gigi ketika akan membeli pasta gigi dan lain sebagainya. Gunakan seluruh fungsi tubuh anda.

5. Strategi Mengingat Apapun Yang Tidak Bisa Diingat
- bacalah, tulislah, ucapkanlah dan lakukanlah dengan berulang-ulang. Untuk mengingat kalimat yang panjang seperti pidato, ketiklah di computer atau rekam dengan menggunakan tape recorder kemudian dengarkan berulang-ulang.
- Gunakan warna dalam catatan anda dengan judul yang diberikan tulisan tebal atau simbol-simbol tertent. Buatlah peta berpikir (mind map) dan buatlah cabang-cabang dari bagian pusatnya dengan menuliskan apapun yang ada di otak anda.

Artikel Menarik Lainnya:
Asam Amino Ayam Dapat Meningkatkan Ingatan
Kacang Ginko Untuk Kepintaran
Blueberry Memperbaiki Kerusakan Otak
Makanan Yang Baik Untuk Otak

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Berkomentarlah dengan baik di blog ini, mencakup: tips + cara menguatkan / meningkatkan / menguatkan daya ingat / hapalah / ingatan
:)