Rabu, 15 Desember 2010

Mendengarkan Musik Baik Untuk Otak

Mendengarkan Musik Membuat Otak Tetap Hidup

Bila anda menyukai musik tertentu maka tidak ada salahnya anda luangkan waktu untuk mendengarkan musik. Karena musik bisa membangkitkan sel-sel di otak agar tetap hidup.

Musik bisa meningkatkan daya ingat atau memori, perilaku sosial bahkan meningkatkan komunikasi pada pasien yang bermasalah dengan gangguan otak yang berat.

Para peneliti belum mengerti bagaimana musik bekerja di dalam otak untuk meningkatkan kekuatan mental dan kemampuan komunikasi dengan orang lain. Para ilmuwan mencatat bahwa suara manusia mempunyai kesamaan dengan suara yang dikeluarkan oleh binatang.

Peneliti dari Georgetown University Medical Center mengamati aktivitas otak di bagian korteks pendengaran seekor monyet ternyata ditemukan sel-sel otak yang dikenal dengan neuron dipasang untuk frekuensi tertentu dan harmonisasi suara. Sehingga saat mendengarkan nada tertentu bisa membangkitkan sel-sel otak tersebut.

Yuki Kikuchi, peneliti dari departemen fisiologi dan biofisika mengatakan, "Memahami mekanisme saraf yang dibawa oleh musik akan membuat peningkatan pemahaman terhadap persepsi musik dalam sistem saraf manusia."

Yuki Kikuchi juga menjelaskan bahwa hasil dari penelitian ini bisa memungkinkan penemuan sebuah kerangka neurobiologis untuk memahami intervensi efektivitas dasar dari pengobatan dengan menggunakan terapi musik.

Artikel Menarik Lainnya:
Asam Amino Ayam Dapat Meningkatkan Ingatan
Kacang Ginko Untuk Kepintaran
Blueberry Memperbaiki Kerusakan Otak
Makanan Yang Baik Untuk Otak

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Berkomentarlah dengan baik di blog ini, mencakup: tips + cara menguatkan / meningkatkan / menguatkan daya ingat / hapalah / ingatan
:)