Jumat, 24 Desember 2010

Kebiasaan Untuk Tingkatkan Ingatan

Kebiasaan Yang Baik Untuk Meningkatkan Ingatan Otak

Mereka yang memiliki daya ingat kuat memiliki beberapa kebiasaan yang tidak mereka lewatkan setiap harinya. Mengikuti kebiasaan mereka mungkin bisa membuat ingatan otak anda menjadi lebih baik.

Meningkatkan kemampuan otak sebenarnya sagatlah mudah. Cukup latih beberapa kebiasaan kecil dan mengubah pola hidup yang lebih baik maka otak akan tetap hidup dan kemampuannya akan terus meningkat jika terus digunakan dan dilatih.

Survey online yang dilakukan para peniliti dari Australia terhadap 29.500 orang responden yang telah diseleksi dan termasuk kategori orang-orang yang memiliki daya ingat yang kuat dan tajam.

Para responden menjalani tes ingatan seperti mengingat kejadian 5 hingga 20 tahun yang lalu, mengingat wajah orang, menghafal daftar belanja, mengingat nama orang serta pekerjaannya.

Para peneliti juga menganalisis pola hidup dan pola makan sehari-harinya. Setelah penelitian selesai dilaksanakan, para peneliti akhirnya dapat menyimpulkan 7 kebiasaan orang-orang yang memiliki daya ingat kuat.

Berikut 7 kebiasaan mereka yang memiliki ingatan kuat:

1. Menonton televisi tidak lebih dari satu jam setiap harinya
Orang-orang yang memiliki ingatan kuat ternyata jarang melihat tontonan-tontonan yang tidak terlalu penting kecuali tontonan yang sifatnya mendidik. Mereka lebih senang membaca daripada menonton.

2. Tidak mengkonsumsi alkohol
Mereka yang memilki memori kuat ternyata jarang mengkonsumsi minuman beralkohol karena alkohol dapat merusak system saraf otak dan dapat melemahkan kemampuan otak.

3. Gemar menyilang-nyilangkan dan menyambung-nyambngkan data
Dengan sering menghubungkan data yang satu dengan data yang lainnya ternyata dapat meningkatkan memori otak. Dengan menghubung-hubungkan data seperti itu, sebuah data akan tertanam dalam otak lebih kuat lagi.

4. Sering membaca novel
Otak akan dilatih berpikir dan menebak-nebak apa yang akan terjadi saat kita membaca novel. Dengan alur novel yang berliku-liku akan membuat otak terus berpikir.

5. Memimun kopi atau teh
Kopi dan teh mengandung kafein yang bisa memacu kerja otak untuk terus terjaga. Namun mengkonsumsi kafein dengan berlebihan bisa berakibat fatal terutama mengkonsumsi kopi secara berlebihan. Minumlah dengan dosis yang sewajarnya.

6. Selalu mengkonsumsi ikan
Ikan adalah sumber protein yang berfungsi untuk meregenerasi sel-sel mati. Sel-sel otak harus terus diregenerasi. Ikan yang mengandung omega 3 sangat baik untuk perkembangan sel-sel otak seperti pada ikan salmon dan sarden.

7. Selalu membuat catatan dalam bentuk notes kecil
Data yang masuk ke otak mungkin dapat menempel dan mungkin juga tidak. Jika data tersebut dicatat maka kita dapat melihatnya ketika lupa. Mencatat ternyata dapat meningkatkan kemampuan otak untuk menghapal hingga 20%.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Berkomentarlah dengan baik di blog ini, mencakup: tips + cara menguatkan / meningkatkan / menguatkan daya ingat / hapalah / ingatan
:)